BUDAYA PLAGIARISME

Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain.

Peniruan atau penjiplakan hasil karya orang lain bukanlah rahasia lagi karena kini bukti-buktinya sudah terlihat. Bahkan penjiplakan itu sudah bagaikan jamur yang menempel dimana saja. Miris sekali melihat hal itu namun semua itu sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Memang tidak semua hasil karya anak bangsa merupakan hasil penjiplakan.

Sebenarnya budaya menjiplak hasil karya orang lain tidak hanya ada di bangsa ini, hal itu juga terjadi di Negara-negara berkembang atau Negara maju sekalipun. Tapi yang ingin saya bahas sekarang ialah penjiplakan hasil karya yang ada di Negara kita, Indonesia.

Sejak sepuluh tahun terakhir ini penjiplakan hasil karya oleh masyarakat Indonesia menjadi hal yang banyak diperbincangkan oleh para penikmat dunia entertainment. Dari lagu, cover kaset/CD, bahkan sinetron pun cukup banyak yang meniru dari luar negri.

Saya pernah mendengar secara tidak sengaja bahwa ada beberapa sinetron atau acara televisi lainnya merupakan hasil jiplakan dari acara tv di Negara Korea. Orang itu berkata bahwa pihak Indonesia sudah membayar pajak kepada pihak Korea. Tapi tetap saja bahwa hasil itu bukan merupakan asli hasil karya anak bangsa.

Semakin bertambahnya tahun dan kecanggihan teknologi semakin membuat orang terbuai dengan yang telah ada sekarang sehingga malas untuk menghasilkan karya-karya terbaik. Karena tidak sedikit orang Indonesia yang dapat membanggakan Negara ini dengan karya-karya yang mempunyai kualitas yang bagus.

Kita sebagai penerus generasi mendatang harus bersemangat untuk memajukan bangsa ini dengan hasil karya sendiri. Tanpa menjiplak pun kita akan tetap dapat memajukan bangsa ini. Janganlah kita budayakan plagiarism di Negara kita Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: