KEISTIMEWAAN QIAMULLAIL

Ditelinga umat muslim sudah tidak asing lagi mendengar kata Qiamullail. Qiamullail adalah bangun pada untuk melaksanakan salat malam atau tahajud, dimana pada saat itu dapat menghubungkan hati dengan Allah dan menjadikan kokoh dalam menerjang berbagai godaan dan bujuk rayu kehidupan yang dapat menyesatkan kedalam pintu neraka. Qiamullail juga dapat dijadikan sebagai perantara untuk memohon ampun kepada Maha Memaafkan yaitu Allah swt. karena salat malam ini dilakukan di waktu 2/3 malam dimana orang-orang sedang tertidur lelap sehingga ketika berserah diri kepada Allah lebih khusuk.

Ada beberapa firman Allah dan hadis yang mendasari sunnah nya melaksanakan Qiamullail.

Wahai segenap manusia ,sebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah tali silahturahmi, dan sementara orang tidur lelap, sholatlah kalian dikala malam, maka kalian pun akan masuk surga dengan aman sentosa.” ( Hr. Imam Hakim, Ibnu Majjah, Tirmidzi bilang hadist uni Hasan Shahih.)

“ Hendaklah kalian menunaikan Qiamullail, karena qiamullail adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian yang bisa mendekatkan kalian pada Rabb kalian pelebur kesalahan, penghalang dosa dan pengikis penyakit tubuh.” ini merupakan sabda Rasullulah (Hr. Imam Ahmaddan Tirmidzi).

Bagi seorang yang menjalankan salat malam maka hatinya akan merasakan ketenangan, kedamaian, dan kenyamanan yang tak tertandingi. Karena disaat salat malam kita bisa mencurahkan semua isi hati kepada Allah swt. mungkin jika kita sedang didera masalah maka kita akan diberikan petunjuk bagaimana kita harus melangkah, jika kita sedang berbahagia maka kita dapat bersyukur dan Allah swt akan menambah kenikmatanNya.

Sungguh Qiamullalil merupakan hal yang luar biasa yang tak tertandingi oleh apapun. Karena keajaiban kekuatan Allah swt ada didalamnya. Mari kita sebagai umat muslim biasakan untuk salat malam atau salat sunah lainnya. Agar amal kita bertambah dan kenikmatan didunia pun bertambah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: