ALAM SEMESTA (mata kuliah IAD)

Tuhan menciptakan manusia beserta dengan segala kelengkapannya. Tidak hanya kelengkapan yang berada di sekitar namun hal-hal yang dapat mendukung kegiatan manusia juga telah di persiapkan oleh Tuhan. Seperti Bumi yang telah Tuhan diciptakan sebagai tempat kehidupan bagi umat manusia. Tidak hanya bumi, diluar sana masih banyak benda-benda langit yang dapat menunjang kelangsungan hidup manusia di Bumi. Ada Matahari, Planet, Komet, Bintang, Bulan, dan masih banyak lagi. Semua benda langit para penghuni luar angakasa yang berada diluar sana dapat di ketegorikan sebagai alam semesta. Alam semesta sendiri terdiri dari tata surya. Tata surya ialah susunan planet dan benda-benda langit lainnya yang berotasi sesuai dengan jalurnya dan berpusat pada Matahari. Dalam tata surya sendiri terdapat susunan planet yang didalamnya termasuk Bumi. Susunan planet tersebut diawali oleh Merkurius, dan selanjutnya Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto.

Dari beberapa planet yang mengitari matahari, ada satu planet yang memiliki keunikan tersendiri. Planet ini berwarna biru seperti warna laut. Planet ini dinamakan Neptunus yang terinspirasi oleh dewa laut bangsa Yunani. Ukuran planet ini cukup besar, hampir sama dengan bumi. Namun karena letak Neptunus yang cukup jauh maka jarang mendapat sinar matahari.

Planet Neptunus merupakan planet kedelapan yang letaknya jauh dari Matahari. Jarak dari Neptunus ke Matahari ialah 4.497 juta kilometer. Jika diperhatikan planet ini mirip dengan Bulan. Bentuknya yang bulat seperti telur hampir serupa dengan namun warna Neptunus yang biru membuat planet ini berbeda dengan bulan.

Planet Neptunus mempunyai 8 satelit diantaranya Triton, Proteus, Nereid, dan Larisa. Selain itu Neptunus juga mempunyai cincin. Cincin ini berupa debu tipis yang mengitari planet Neptunus. Cincin yang ditemukan oleh Voyager 2 pada tahun 1989 tidak begitu jelas terlihat. Sampai sejauh ini ada 5 cincin yang telah terdeteksi diketahui datanya. Adapun cincin yang di urut dari yang terdekat adalah Gave, LeVerrier, Lassel, Arago, dan Adanus.

Ternyata planet Neptunus menyimpan sesuatu yang sangat berharga. Seperti dalam cerita dongeng namun hal ini benar adanya dalam kehidupan nyata. Planet Neptunus merupakan salah satu planet yang memiliki Pegunungan berlian. Saat penemuannya para ilmuan penembak berlian itu dengan menggunakan laser yang memiliki kekuatan 40 kali lebih kuat tekanannya daripada atmosfer bumi pada temperature laut. Seperti air berlian tersebut seperti air yang dapat membeku atau mencair.

Belum lama ini juga ditemukan komet raksasa yang melintas pada orbit Neptunus. Benda langit ini diberi identitas 2006 SQ372 yang berdiameter antara 50-100 kilometer. Benda langit yang memiliki orbit yang setara adalah Sedna. Namun orbit 2006 SQ372 lebih melengkung dan menjauh dari matahari daripada Sedna. Objek ini terbentuk dari inti Awan Oort, gumpalan awan raksasa yang memanjang sejauh 30 triliun.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: