PENGERTIAN PSIKOTERAPI

Psikoterapi adalah upaya interval oleh psikoterapis terlatih agar kliennya bisa mengatasi persoalannya. Pada dasarnya metode psikoterapi adalah wawancara tatap muka perorangan, tetapi dalam praktiknya banyak variasi teknik psikoterapi, tergantung pada teori yang mendasarinya dan jenis masalah yang sedang dihadapi klien.
Dalam psikoterapi terdapat penerapan teknik khusus pada penyembuhan penyakit mental atau pada kesulitan penyesuaian diri setiap hari. Dalam pengertian yang paling tepat, istilah tersebut mencakup teknik-teknik tertentu yang digunakan oleg para spesialis.
Tidak hanya itu psikoterapi memiliki beberapa definisi yang banyak dikemukakakn oleh para ahli, anatara lain : bahwa psikoterapi adalah terapi atau pengobatan yang menggunakan cara-cara psikologik, dilakukan oleh seseorang yang terlatih khusus, yang menjalin hubungan kerja sama secara professional dengan seorang pasien dengan tujuan untuk menghilangkan, mengubah, atau menghambat gejala-gejala dan penderitaan akibat penyakit. Definisi yang lain yaitu bahwa psikoterapi adalah cara-cara atau pendekatan yang mengguanakan teknik-teknik psikologik untuk menghadapi ketidakserasian atau gangguan mental.

Sumber :
Sarwono, Sarlito W (2010).Pengantar Psikologi Umum.Jakarta:PT.RajaGrafindo Persada.
Anwar, Zainul (2012).A-Z Psikologi”Berbagai Kumpulan Topik Psikologi”. Yogyakarta:Andi Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: