Perbedaan konseling dan psikoterapi

Konseling merupakan bagian dari salah satu dari teknik psikoterapi. Yaitu teknik yang berbentuk wawancara, dimana terapis membantu klien untuk mencari penyelesaian yang terbaik untuk masalahnya. Biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah ringan. Seperti kesulitan belajar atau kejenuhan dalam kerja.
Namun jika dipahami secara mendalam maka terdapat perbedaan yaitu konseling adalah proses membantu seseorang untuk menyelesaikan masalah interpersonal, emosional, dan memutuskan hal tertentu. Konselor adalah orang-orang yang dilatih untuk membantu orang lain untuk memahami permasalahan yang mereka hadapi, mengidentifikasi dan mengembangkan alternative pemecahan masalh dan mampu membuat mereka mengambil keputusan atas permasalahn tersebut. Konseling adalah keterampilan yang membutuhkan latihan efektif untuk bisa berkembang.
psikoterapi dilakukan dengan cara wawancara atau percakapan. Dalam suatu wawancara tidak dapat dipisahkan antara sifat terapeutik dan penegakan diagnosis. Biasanya pertanyaa-pertanyaan yang diajukan mengandung kedua aspek tersebut, yaitu untuk mengoptimalkan hubungan interpersonal dengan pasien (sifat terapeutik), dan untuk melengkapi data dalam usaha menegakan diagnosis.

Sumber :
Sarwono, Sarlito W (2010).Pengantar Psikologi Umum.Jakarta:PT.RajaGrafindo Persada.
Anwar, Zainul (2012).A-Z Psikologi”Berbagai Kumpulan Topik Psikologi”. Yogyakarta:Andi Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: