tugas softskil

KECELAKAAN LALU LINTAS

 

Kecelakaan lalu lintas adalah kejadian dimana sebuah kendaraan bermotor tabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. Kadang kecelakaan ini dapat mengakibatkan luka-luka atau kematian. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Diantaranya ada faktor manusia, faktor kendaraan, dan faktor jalan. Namun ada faktor yang menjadi penyabab disesuaikan dengan situasi yaitu faktor cuaca. Terkadang faktor manusia dapat menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan karena manusia sering mengabaikan peraturan lalu lintas berlaku. Seperti mengendarai kendaraan dalam keadaan mengantuk, mabuk, atau melebihi kecepatan dijalan umum, dll.

Angka kecelakaan lalu lintas yang semakin meningkat membuat pemerintah memutar otak kembali dan mempertanyakan apakah rambu-rambu lalu lintas tidak berfungsi dengan baik atau memang kesadaran manusianya yang kurang memperhatikan keselamatan. Hal tersebut membuat dinas perhubungan bekerjasama dengan kepolisian berupaya penuh menangani masalah ini untuk menekan kecelakaan lalu lintas dan menekan korban kecelakaan tersebut. Upaya yang dilakukan pihak-pihak terkait yaitu rekayasa jalan, rekayasa lalu lintas dan manajemen lalu lintas. Contohnya ialah penambahan rambu yang dapat memantulkan cahaya saat malam hari agar pengguna jalan dapat melihat rambu dikegelapan, memasang rambu-rambu yang berhubungan dangen batas kecepatan (alat-alat pengendali kecepatan seperti rumble strep, rumble area, atau cctv yang digunakan oleh penegak hukum agar dapat mengontrol kecepatan para pengguna jalan.

Dari semua kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi sebaiknya dapat menjadi pelajaran bagi para pengguna jalan agar sadar betul betapa pentingnya keselamatan saat berkendara dengan mematuhi peraturan lalu lintas dengan baik dan benar, kemudian ditunjang dengan fasilitas yang disediakan pemerintah seperti rambu-rambu lalu lintas yang berfungsi dengan baik dan tekstur jalan yang baik pula. Dengan begitu maka angka kecelakaan akan berkurang dan dengan otomatis akan menekan jumlah korban.

www.wikipedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: