uniform complex (tugas kesehatan mental)

Pernahkah anda melihat mengenakan seragam tentara atau polisi? Pastinya yang anda pikirkan bahwa orang tersebut memiliki karakter yang keras. Berbeda apabila orang yang anda lihat tidak menggunakan seragam, pasti terlihat lebih ramah. Hal tersebut dapat disebabkan dari efek pakaian yang digunakan oleh seseorang. Tidak hanya seorang polisi atau tentara yang dapat menimbulkan persepsi seseorang berbeda ketika melihat pakaian yang dikenakan. Seseorang yang menggunakan kemeja ditambah dengan dasi dan sepatu pantopel akan menimbulkan kesan bahwa seorang tersebut merupakan pegawai kantor. Kesan yang ditimbulkan dari pakaian tidak selamanya berupa pandangan positif, pandangan negative pun seringkali terjadi. Seperti contohnya seorang pria mengenakan celana pendek dan kaos yang usang dapat menimbulkan kesan bahwa pria tersebut seperti gembel dipinggir jalan.
Dalam psikologi hal tersebut dikategorikan sebagai persepsi. Menurut Chaplin (2008) dalam kamus psikologi persepsi merupakan proses mengetahui atau mengenali objek dan kejadian objektif dengan bantuan indera. Proses perceptual dimulai dengan perhatian, yaitu merupakan proses pengamatan selektif. Factor-faktor perangsang yang penting dalam perbuatan memperhatikan ini ialah perubahan, intensitas, ulangan, kontras, dan gerak.
Berdasarkan pengertian dari persepsi sebelumnya dapat dibuat kesimpulan bahwa setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda-beda, hal tersebut didasarkan dari informasi yang ia terima. Cara memandang dan menilai suatu hal segalanya dikembalikan kedalam pribadi masing-masing. Karena tidak semua yang kita lihat berdasarkan pandangan dari luar sesuai dengan pribadi orang yang kita lihat.

Dapus :
Chaplin, J.P. 2008. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

 </p

http://www.gunadarma.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: